Teknik Cepat Menguasai Bahasa Arab Dengan Membaca dan Menulis

TMBA
4.9
(371)
Read Time2 Minutes, 11 Seconds

بسم اللّه الرحمن الرحيم

Apakah Antum pernah memperkaya kosa kata bahasa arab dengan cara dicatat lalu dihafal dan kemanapun Antum pergi catatan itu selalu dibawa…?

Apakah Antum pernah suatu saat merasakan jenuh ketika puluhan, ratusan bahkan ribuan mufrodat sudah numpuk dikepala…?

Apakah Antum merasa bahwa mufrodat yang sudah dihafal kadang hilang dan lupa begitu saja …? Jika iya, berapa % mufrodat yang lupa dari mulai Antum menghafal dengan teknik seperti ini…?

Apakah Antum pernah menuliskan setiap mufrodat yang dihafal dalam sebuah rangkaian kalimat…?

Hafalan mufrodat harian 10 kata x 30 = 300 mufrodat x 12 bulan = 3600 mufrodat.

Dengan kemampuan Antum menguasai 3600 mufrodat, berapa % yang difahami maupun tidak, ketika Antum mencoba membaca buku berbahasa arab…?

Jawabanya, hasil yang ane pribadi dapatkan waktu itu “10 tahun kebelakang” hanyalah 10%, sisanya hilang entah kemana.

Apakah teknik yang ane dan Antum lakukan salah…? Tidak, itu sudah benar namun kurang tepat menurut hemat ane. Kenapa..? karena dari pengalaman yang hanya sisa 10% membuat ane pesimis dan beranggapan ane tidak cocok belajar bahasa arab, terlalu sulit bagi ane untuk menguasainya.

Suatu saat ketemu rekan kenalan, Beliau belajar dikuliah yang sama di Bandung. Mulailah ane curhat dan bertanya.

Ane lihat Antum suka sekali membaca cerpen, makalah, buku ringan berbahasa arab, apakah Antum ngerti isinya…? Beliau jawab, ya 100% saya ngerti. Masya Allah ane takjub.

Mulailah ane curhat, kenapa ketika ane membaca cerpen/buku bahasa arab mesti dan selalu buka kamus, padahal selama ini sudah ribuan mufrodat yang dihafal.

Beliau hanya tersenyum dan berkata: “Saya tidak pernah menghafal mufrodat apalagi ditulis dilembaran kecil dan dijadikan penghias saku. Modal saya hanyalah berlatih membaca, menulis dan membuat cerita sendiri”.

Ya, pada awalnya memang membutuhkan kamus karna penguasaan mufrodat masih minim, namun setelah sekian lama dilakukan, tanpa terasa kamus sudah tidak saya buka lagi.

Waah hebat, kata Ane.

Terus apa yang harus Ane lakukan..? Beliau berkata: Antum ada uang berapa…? Lho malah nanya uang, buat apa rupanya, lapar, mau bakso :D..?Bukan, ayo Ane anter ke toko buku langganan biar ente borong semua buku berbahasa arab disana.

Singkat cerita Ane borong tuh buku, eh beli mksdnya cmn 5 biji ko :D. Beliau bilang, baca ini buku, fahami dan coba berlatih menulis dari mufrodat yang ada dibuku itu.

Carilah orang yang bersedia mengkoreksi tulisan ente supaya tidak merasa sudah benar. Terbuka untuk dikritik dan menerima masukan biar ente maju.

Apabila teknik lama ingin terus dilakukan, ya sangat baik namun tetap memerlukan latihan, latihan dan latihan agar tidak mudah lupa.

Kira-kira pesan kawan ane seperti itu. Pada akhirnya ane ikut langkah Beliau dan alhamdulillah terasa ringan tanpa harus menanggung beban hafalan kosa kata setiap hari.

|||Lihat juga Cara meningkatkan skill dan Tips Belajar Bahasa Arab

Segitu dulu curhat Ane, lain kali dilanjut.

مع أطيب التمنيات لكم بالتوفيق والنجاح, حيثما تدرس يمنحك الله علما نافعا لنفسك، و أسرتك، و مجتمعك، ووطنك

Abou Zizo
Tips Mahir Berbahasa Arab.

2 0

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 371

Tinggalkan Komentar

Next Post

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab

4.9 (371) بسم الله الرحمن الرحيم Lanjutan cerita sebelumnya, Teknik Belajar Bahasa Arab Masih cerita ketika masa kuliah di Bandung selang beberapa bulan pasca bertemu Sang Motivator. Bahasa arab Ane sudah mulai ada perkembangan meskipun budaya membaca dan menulis masih tetap minim dan seperti biasanya masih mengandalkan hafalan kosa kata […]
error: Content is protected !!