Bahasa Arab Mudah atau Sulit?

Must Read

Macam-Macam Maa (ما), fungsi dan ‘Irabnya

Ada berapa banyak jumlah Maa (ما) dalam bahasa arab dan bagaimana cara penggunaanya dalam kalimat ?. Kira-kira seperti itu...

Mengenal Uslub Qasam (أُسْلُوْبُ القَسَمِ)

Materi uslub qasam (sumpah) yang akan kita bahas meliputi pengertian uslub qasam secara bahasa, istilah, rukun, jumlah (kalimat) qasam,...

Bahasa Arab Mudah atau Sulit?

Bahasa Arab Mudah atau Sulit?  Perkembangan bahasa arab sudah berlangsung lama, bahkan jauh sebelum masehi. Abbas al-Aqqad seperti dikutip...
TMBAhttps://bahasa-arab.com/
Belajar Bahasa Arab tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh keseriusan dan istiqomah. Namun tidak ada kata terlambat jika kita ingin ingin mempelajarinya.

5
(1)

Bahasa Arab Mudah atau Sulit?  Perkembangan bahasa arab sudah berlangsung lama, bahkan jauh sebelum masehi. Abbas al-Aqqad seperti dikutip oleh Abd al-shabur syahin (1984:215) menyatakan bahwa budaya Arab telah ada jauh sebelum budaya yunani. Budaya Arab telah lahir lebih dari 2000 yang lalu. Warganya menjuluki mereka dengan nama arab sebagaimana orang lain juga menyebut mereka dengan nama tersebut. Mereka berdomisili di jazirah Arabia sebelum mengadakan emigrasi ke beberapa tempat di sekitarnya. Karena itu, dapat dipastikan bahwa bahasa Arab telah terkenal di jazirah Arabia dari sejak 3000 tahun yang lalu.

Apakah Bahasa Arab Mudah atau Sulit?

Dikutif dari pernyataan Prof. Dr. dr. Yusri Rusydi Sayyid Abdul Jabar al-Hasani (Ulama Al-Azhar, Mursyid Syadziliyah dan dokter bedah internasional) dalam Internasional Webinar bertajuk “ Imnustimulan berbasis Al-Qur’an Era Covid-19 dan Wacana New Normal di Belahan Dunia”. Beliau menyatakan beberapa point terkait pentingnya Kita sebagai Muslim mempelajari bahasa Arab agar lebih memahami Al-Qur’an, karena Kitabullah sesungguhnya berbahasa Arab dan bahasa Arab juga adalah bahasa yang mudah sebagaimana AlQur’an juga dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Dalam Surat Al-Qamar [22] Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Diantara bukti kemudahan bahasa Arab adalah apa yang dituliskan itulah yang diucapkan, berbeda dengan bahasa Perancis misalkan, terkadang 5- 6 huruf tidak dibaca, ditulis namun tidak diucapkan. Begitu juga di beberapa bahasa yang lain, tertulis akan tetapi tidak dibaca. Berbeda dengan bahasa Arab, yang mana setiap yang tertulis itulah yang kita baca, sehingga bagi yang sudah mengerti huruf Arab dan pengucapan yang benar, maka ia akan mudah untuk mempelajari bahasanya.

Keunggulan Bahasa Arab Dibanding Bahasa Lain

  • Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling banyak menyandang
    atribut. Selain merupakan bahasa kitab suci al-Qur’an dan Hadis Nabi
    Muhammad Saw. Bahasa Arab adalah bahasa agama dan umat islam.

Allah Ta’ala berfirman dalam QS. Yusuf [12]: 2

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.”

Al-Qur’an dan As-Sunnah tidaklah bisa dipahami dengan mendalam kecuali dengan memahami bahasa Arab.

  • Bahasa Arab adalah bahasa yang paling indah, fasih, paling jelas, dan paling luas maknanya.
  • Sebagai bahasa pertama yang ada di muka bumi dan bagian dari Agama Islam sebab merupakan bahasa yang dipakai oleh Al-Quran dan As Sunnah sebagai pedoman utama Orang Muslim
  • Merupakan bahasa paling populer dan paling banyak menarik minat jutaan penduduk dunia untuk mempelajarinya
  • Kosakata Bahasa Arab telah banyak diserap bahasa lain terutama dalam bidang sains, matematika, dan filsafat, bahkan dalam kosakata keseharian.
  • Bahasa Arab juga paling banyak diajarkan di pesantren-pesantren seperti Indonesia. Mulai Paud, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyyah dan bahkan Di Universitas. Di Kita juga, bahasa Arab dipergunakan dalam kegiatan keagamaan, pengajian, dan pendidikan dan pada saat beribadah shalat.
  • Secara politis internasional, bahasa Arab kini sudah diakui sebagai bahasa Internasional dan digunakan juga sebagai salah satu bahasa diplomasi resmi diforum PBB dan neberapa Negara non-Arab di dunia, seperti Malaysia bahkan sudah mengakui bahasa Arab di negaranya dan memberikan apresiasi berupa adanya tulisan-tulisan berbahasa Arab di tempat-tempat umum.
  • Dalam hal perkembangan
    situasi ekonomi global, bahasa Arab mengambil tempat dan peran yang sangat penting. Itu ditunjukan dengan semakin pentingnya kawasan Timur Tengah yang mayoritas berbahasa Arab, sebagai pusat sumber daya energi dan mineral dunia.
  • Merupakan bahasa nasional lebih dari 22 negara di kawasan Timur Tengah, Lughat al-dhat dan bahasa warisan sosial budaya (lughat at-turats).

Tantangan Pendidikan Bahasa Arab Di Era Milenial

Setiap tantangan akan memberikan banyak peluang jika kita mau untuk berusaha untuk menghadapi suatu tantangan itu sendiri dengan berpikir positif, dan bersifat penuh kesungguhan & keikhlasan,termasuk tantangan yang kini dihadapi yaitu pendidikan bahasa Arab.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Ilmu Nahwu

Kebijakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab di madrasah dan lembaga pendidikan lainnya saat ini cendrung kurang berkembang akibat rendahnya minat dan motivasi belajar serta kecenderungan sebagai pelajar atau mahasiswa bahasa Arab untuk mengambil jalan yang instant dan mudah tanpa mengikuti proses ketekunan dan kesungguhan.

Padahal apabila para peminat studi bahasa Arab secara bersama-sama mau dan mampu menekuninya dan mengubah tantangan tersebut menjadi peluang, kita jauh akan lebih pesat.

Seseorang yang menguasai bahasa Arab dapat dipastikan memiliki modal dasar untuk mendalami dan mengembangkan kajian islam, studi ilmu-ilmu keislaman seperti : Fiqih, tafsir, hadist, sejarah islam, filsafat islam dan sebagainya, dengan mengeksplorasi dan elaborasi sumber-sumber aslinya.

Dengan kata lain, bahasa Arab adalah alat dan modal hidup untuk mencari dan memperdalam pemahaman keislaman.

Intesifikasi penerjemahan karya-karya berbahasa Arab,baik mengenal keilmuan dan keislaman ke dalam bahasa Indonesia cukup menantang dan menjanjikan harapan apabila generasi Milenial mampu menguasai bahasa arab dengan baik.

Bahasa Arab sampai saat ini masih tetap bertahan dan mendunia. Ini membuktikan bahwa bahasa Arab sangat mendunia dan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan umat islam, Oleh karena itu, mempelajari dan menguasai bahasa menjadi menjadi keperluan setiap muslim.

Dengan bahasa arab, kualitas pemahaman seorang muslim terhadap ajaran agama seharusnya meningkat, bahkan menjadi sarana dakwah dalam penyebaran agama islam.

Banyak tokoh dan ulama muslim yang berasal dari luar Jazirah Arab seperti Al-Ghazali, Al-Biruni, Ibnu Sina, Al-Razi dan Al-kindi, mereka sangat baik mengusai bahasa arab dan menjadikanya bagian dari studi islam.

Perlu menjadi maklumat bahwa di luar sana, bahkan di sekitar kita ada banyak upaya untuk menjauhkan bahasa Arab dan sejumlah budaya keislaman dari kehidupan umat islam. Banyak kalangan yang pempopulerkan dan mencampur adukan penggunaan antara bahasa Arab Fushah dengan Amiyyah. Hal itu apabila beredar pada kalangan study mubtadi (pemula) yang pengetahuan dan pehamahanya masih minim tentu tanpa mereka sadari sudah merusak bahasa yang mereka pelajari. Seraya demikian, bahasa arab fushah tetap akan bertahan sampai berakhirnya dunia sebab secara langsung melibatkan Allah melalui turunnya Al- Qur’an sebagai wahyu Allah yang berbahasa Arab.

Meski bahasa arab ini sudah dijanjikan akan terjaga, namun banyak persoalan dan tantangan pendidikan bahasa Arab yang perlu dihadapi, disikapi, dan dicarikan solusinya secara akademik dan secara politik terkhusus di tanah air Indonesia. Isu pencitraan buruk terhadap bahasa Arab dan rendahnya minat serta motivasi dari peserta didik dalam belajar bahasa Arab harus menyadarkan kita semua bahwa kita masih harus berfikir, bersikap dan berdedikasi lebih optimal. Wallahu’alam

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Komentar

Latest News

Macam-Macam Maa (ما), fungsi dan ‘Irabnya

Ada berapa banyak jumlah Maa (ما) dalam bahasa arab dan bagaimana cara penggunaanya dalam kalimat ?. Kira-kira seperti itu...

Mengenal Uslub Qasam (أُسْلُوْبُ القَسَمِ)

Materi uslub qasam (sumpah) yang akan kita bahas meliputi pengertian uslub qasam secara bahasa, istilah, rukun, jumlah (kalimat) qasam,...

Cara Penulisan Isim Maa ما Istifham jika didahului huruf jar

Membuang Huruf Alif dari لِمَا dan عَمَّا Pertanyaan dari Ukhty 'Arfah via whatsapp Pertanyaan Pertama: Kenapa huruf Alif dibuang dari Isim ما istifham yang seharusnya عَمَّا...

Kaidah ‘Athaf (عطف النسق والبيان) Lengkap dengan ‘Irab

Melanjutkan Pasal Tawaabi' yang ketiga setelah Taukid (التوكيد) yaitu 'Athaf (العطف) إن شاء الله سندرس قواعد العطف و سنتعرف على أنواعه وكيفية إعرابه مع أمثلة...

Nikmatnya Hobi Membaca (Bahasa Arab)

أَهَمِيَّةُ القِرَاءَةِ Urgensi Membaca لِكُلِّ إِنْسَانٍ هِوَايَةٌ يُمَارِسُهَا وَيُقْضِي كُلَّ وَقْتِهِ فِيْهَا، وَمِنْ هٰذِهِ الهِوَايَاتِ هِوَايَة الاِطِّلاَعُ "Setiap Manusia memiliki hobi yang rutin dilakukan setiap waktu, diantara...

Kitab Al-Kunnays [‘Imadudin Abu Fida]

مؤلف :  عماد الدين أبي الفداء المتوفي سنة ٧٣٢ ه‍ قسم : النحو والصرف المحقق : دكتور رياض بن حسن الخوام اللغة : العربية الناشر : المكتبة العصرية نوع الملفات : PDF الملك المؤيد أبو...

More Articles Like This