Tips Mahir Arab (TMA Arabic Language Education)

TMBA adalah website edukasi dan mahir berbahasa arab dengan cepat, Website akan dikemas dengan sajian konversasi dan interaksi sesama anggota melalui group whatsapp dan facebook, sajian grammer nahwu & shorof, balaghoh dan kitab-kita penopang lainya.

Latihan terjemah bahasa arab-indonesia, cerpen pendek berbahasa arab, latihan menulis dialog, sajian contoh pidato dll.

Tidak ada kata terlambat jika kita serius mempelajarinya, mari kita bersama-sama belajar karna bahasa arab sangat penting untuk kita pelajari.

Terdapat 4 keterampilan dasar yang harus dimiliki jika kita ingin mahir berbahasa arab.

1. Mahārat Istimā مهارة الاستماع Merupakan suatu proses mendengarkan bahasa lisan dengan perhatian, pemahaman dan apresiatif. Keterampilan ini adalah kegiatan yang paling awal dilakukan oleh manusia dalam semua bahasa.

Methode yang akan diterapkan dalam group (TMA Arabic Language Education)ini terkait mahārat istimā adalah dengan menyediakan konten dialog atau video berbahasa arab yang nantinya akan dipublikasikan dan disimak bersama.

2. Mahārat Qirā’at مهارة القراءة  Banyak membaca dan memperhatikan huruf arab akan sangat membantu kita untuk proses percakapan dan menulis, tidak mungkin kita pandai menulis dengan bai dan benar tanpa banyak membaca. Methode pandai membaca akan kita kemas dengan program belajar membaca koran arab, alquran, alhadist dan kitab kuning.

3. Mahārat Kitābat مهارة الكتابة  Maharah Kitabah ataupun maharah imla adalah cara kita untuk menuangkan pikiran, ide, pemahan, gagasan dalam rangkaian kata sehingga menjadi kalimat yang dimengerti dan dipahami.

Sering berkomentar dengan tulisan arab meski copas dari google ataupun kamus secara tidak disadari kita mulai tertarik menulisnya dan lambat laun kita akan benar-benar mahir. Program yang akan disajikan berupa latihan menulis cerpen, terjemah dll.

4. Mahārat Kalām مهارة الكلام  Pandai menyampaikan pesan atau bercakap dengan bahasa arab awalnya akan sangat sulit jika jarang mengulang dan membiasakan, namun itulah bahasa jika tidak diucapkan akan terasa berat.

Mulailah mengungkapkanya meski kosa kata terbatas untuk membiasakan lidah kita berbicara dan melatih kefasihan. jangan terpaku dengan grammer/qawaid yang membuat kita takut salah ucap. Ungkapkan saja nanti lawan bicara kita akan membenarkanya.

#link_group_facebook-> Disini

#Link_group_whatsapp-> Disini


TMA Arabic Language Education